860 Orang di Riau Gagal Berangkat Haji ke Tanah Suci Tahun ini

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini, tidak sedikit calon jema’ah haji (CJH) asal Indonesia yang gagal berangkat. Hal ini karena kebijakan dari Arab Saudi bersama Kementerian Agama RI tentang usia jema’ah haji yang dibatasi maksimal 65 tahun.

Untuk di Riau, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Kementerian Agama, jumlah Jema’ah Calon Haji (JCH) di Provinsi Riau yang tertunda keberangkatannya pada tahun ini sebanyak 860 orang.

“Jumlah jemaah calon haji yang tertunda keberangkatan tahun 2020 dan sudah melunasi pembayaran dibawah 5.000 orang. Namun usianya diatas 65 tahun sebanyak 860 orang. Itu jelas tidak bisa berangkat sebagaimana kebijakan yang diberlakukan,” ungkap Kepala Kanwil Kementerian Agama Riau, Mahyuddin, Rabu (22/6/2022).

“Pada musim haji tahun ini, pemerintah Arab Saudi melarang JCH yang usianya diatas 65 tahun untuk melaksanakan ibadah haji. Jadi tertunda keberangkatannya pada tahun ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, jema’ah-jema’ah tersebut sudah melunasi pembayaran BIPIH, karena sudah melakukan pelunasan pada tahun 2020 lalu. Tapi dengan kebijakan ini, dikatakannya, belum satupun jemaah yang menarik kembali dana atau uang setoran awal dana haji maupun pelunasan.

“Sampai saat ini tidak satupun yang menarik atau mengambil kembali uangnya, karena kalau ditarik maka akan rugi, sebab nomor porsinya hilang dan kalau mau mendaftar lagi maka harus antri selama 27 tahun,” katanya.

Mahyudin berharap nantinya, ada kebijakan terbaru bagi usia jema’ah haji yang dapat berangkat, sehingga impian masyarakat untuk menunaikan panggilan Allah dapat terlaksana. []

Next Post

No more post

You May Also Like