Ganti Nama Rumah Sakit Jadi Rumah Sehat, Anies Baswedan Tuai Kritikan dan Dinilai Langgar UU

ARASYNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti nama di 5 RSUD dari rumah sakit menjadi rumah sehat pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Kebijakannya ini menuai banyak kritik di masyarakat. Salah satunya muncul dari Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Prasetyo mengatakan semestinya Anies membuat berbagai program terobosan di bidang kesehatan, bukan cuma mengganti istilah rumah sakit menjadi rumah sehat.

“Buat program itu yang terasa langsung gitu kesuksesannya di tengah masyarakat. Bukan cuma ganti-ganti nama, kemarin nama jalan, sekarang rumah sakit. Stop deh bikin kebijakan ngawur,” kata Prasetyo, dalam keterangannya yang dikutip pada Jum’at (5/8/2022).

Padahal kata Prasetyo, Jakarta punya segudang masalah mulai dari angka kemiskinan yang naik selama pandemi Covid-19 hingga permasalahan kampung kumuh di tengah kota yang belum terselesaikan.

“Ini Jakarta loh. Lihat itu Tanah Tinggi dan Johar Baru. Mereka itu perlu sentuhan pemerintah, butuh solusi dengan program yang baik. Bukan ganti-ganti nama begitu, itu enggak dibutuhkan masyarakat,” sebut dia.

Prasetyo pun mengaku tergelitik dengan penamaan ‘Rumah Sehat’ yang dibuat Gubernur Anies Baswedan untuk menggantikan nama rumah sakit. Menurutnya, kebijakan ini justru melanggar Undang-undang (UU) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

“Aturannya itu di Pasal 1 jelas namanya rumah sakit. Dari dulu kalau kita sakit ke mana sih larinya? Ya ke rumah sakit kan. Memang namanya rumah sakit ya untuk mengobati penyakit, logikanya kan begitu. Kalau sudah sehat ya kerja lagi, beraktivitas kembali,” tutur dia.

Selian itu, diberbagai jejaring media sosial Twitter dan lainnya, tagar tentang pergantian nama menjadi rumah sehat ini pun mendapat kritik. Banyak yang menilai kebijakan Anies ini menjadi hal yang tidak perlu dilakukan. Selain itu sindiran juga disampaikan agar tidak pantas nantinya mengusulkan diri dalam pemilihan presiden pada tahun 2024 mendatang. []

You May Also Like