Ini Daerah-daerah di Sumbar yang Akan Diuji Coba Beli BBM Bersubsidi Pakai Aplikasi MyPertamina

ARASYNEWS.COM – Per 1 Juli 2022, pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Biosolar bersubsidi bakal diwajibkan terdaftar di aplikasi atau website MyPertamina.

Untuk di Sumatera Barat masuk dalam 5 daerah yang akan diuji coba penerapan ini selain Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Utara, dan DI Yogyakarta.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan, konsumen yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi itu diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

“Jadi, pengguna BBM bersubsidi harus terdaftar untuk bisa bertransaksi atau mendapatkan BBM subsidi tersebut,” ujar Alfian melalui keterangan tertulisnya, Selasa (28/6/2022).

Masyarakat yang merasa berhak untuk mendapatkan Pertalite dan Solar bersubsidi itu, sebut Alfian, bisa langsung mendaftarkan identitas diri melalui laman yang telah disediakan.

“Kami sudah sediakan laman https://subsiditepat.mypertamina.id/. Jika data yang dimasukkan itu sesuai, sistem akan otomatis memunculkan konfirmasi kendaraan dan identitas pengguna tersebut di aplikasi,” jelasnya.

Bagi yang sudah terdaftar, lanjut Alfian, akan menerima pemberitahuan melalui email yang didaftarkan.
“Pengguna yang terdaftar juga akan mendapatkan QR Code khsus untuk bisa membeli Pertalite dan Solar subsidi tersebut,” ucapnya.

Kabupaten/Kota yang Akan Diuji Coba Berlakukan Aplikasi MyPertamina

Sebagaimana diketahui, Pertamina Patra Niaga mengatur penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi kepada masyarakat dengan mewajibkan mendaftar di aplikasi MyPertamina.

Ketentuan tersebut berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 191 tahun 2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas nomor 4 tahun 2020.

Pada tahap pertama ini, lima provinsi akan menjadi ‘kelinci percobaan’ atau uji coba implementasi peraturan tersebut. Peraturan itu mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 2022.

Untuk di Sumatera Barat (Sumbar), ada beberapa kabupaten kota yang akan diuji coba. Di antaranya, Kota Bukittinggi, Padang Panjang, Kabupaten Agam dan Tanah Datar.

Sedangkan di Kalimantan Selatan (Kalsel) yakni di Kota Banjarmasin. Dan di Manado pada provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Untuk di Jawa Barat yakni di Kota Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi, dan Kabupaten Ciamis. Dan di kota Yogyakarta untik Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Aplikasi MyPertamina ini, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ akan dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini. []

(sumber: https://subsiditepat.mypertamina.id/)

You May Also Like