Jalan Alternatif ini Kerap Terjadi Lakalantas, Antisipasi Dipasang Rambu-rambu

ARASYNEWS.COM – Jalan alternatif yang menghubungkan kot Pekanbaru – Perawang melalui wilayah perkebunan PT SIR kerap dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Jalan ini mempersingkat waktu tempuh dua kota ini menjadi 30 menit, dibandingkan jalan nasional yang memakan waktu 1 jam

Sejak mulai dilakukan pengaspalan, jalan alternatif ini mulai kerap terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Hal ini karena jalan yang berada di area perkebunan sawit ini lurus dan sedikit sempit.

Setidaknya sudah banyak kecelakaan yang terjadi akibat kendaraan yang melintas dengan kecepatan yang melebihi rata-rata. Akan tetapi meski sudah banyak kerugian meteril atas kecelakaan, tapi belum ada memakan korban jiwa.

Untuk meminimalisir lakalantas di jalan yang baru dibangun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Riau tahun ini akan memasang rambu-rambu lalulintas di sepanjang jalan tersebut.

Rambu-rambu nantinya akan dipasang mulai dari simpang jalan Pramuka atau akses masuk ke jalan PT SIR hingga menuju kabupaten Siak.

“Jalan lintas Pekanbaru-Siak via perkebunan PT SIR tahun ini kita pasang rambu-rambu lalulintas, karena di sana jalannya lurus, sehingga rawan lakalantas sebab pengendara kurang waspada dan kerap ngebut,” kata kepala Dishub kota Pekanbaru, Andi Yanto SH, dikutip pada Kamis (22/9/2022.

Untuk pemasangan rambu-rambu lalulintas tersebut, lanjut Andi Yanto, pihaknya sudah memasukan anggaran pengadaan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2022.

“Anggaran pengadaan rambu-rambu kita siapkan di perubahan, dan segera kita pasang. Karena itu termasuk yang kita prioritaskan untuk mengantisipasi terjadinya lakalantas di jalan Pekanbaru-Siak via PT SIR,” sebutnya.

Namun menjelang rambu-rambu lalulintas baru dipasang, kata Andi Yanto, saat telah memasang rambu-rambu sementara.

Sedangkan untuk mengantisipasi truk Over Dimension Over Load (ODOL) melintasi jalan tersebut, Andi Yanto menyatakan, pihaknya juga akan memasang rambu-rambu kendaraan yang boleh melintasi jalan provinsi itu.

“Termasuk pengawasan juga kita lakukan baik itu razia truk ODOL, bersama pihak kepolisian. Kemudian, nanti kita akan arahankan petugas Dishub Riau untuk patroli di jalan itu nantinya,” pungkas dia. []

You May Also Like