KLHK Peringati Hari Badak Sedunia di Taman Nasional Way Kambas

ARASYNEWS.COM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI turut memperingati hari badak sedunia atau world Rhino day pada hari ini, Kamis (22/9/2022). Peringatan ini dipusatkan di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung.

Hal itu diketahui dari agenda kegiatan yang dirilis laman resmi Kementerian (LHK). “Peringatan Hari Badak Nasional Di TN Way Kambas, 22 September 2022,” demikian tulis laman menlhk.go.id.

Hari Badak Sedunia atau World Rhino Day biasa diperingati setiap tanggal 22 September sejak 2011 lalu. Dan ini ditetapkan oleh lembaga konservasi dunia, WWF – Afrika pada tahun 2010. Waktu itu namanya, Hari Badak Internasional, bukan Hari Badak Sedunia.

Badak adalah hewan mamalia yang dahulu pernah ada di hampir seluruh negara di Asia Tenggara. Namun kini badak hanya tersisa di Indonesia.

Indonesia termasuk negara yang selalu memperingati Hari Badak Sedunia. Ini karena di Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki populasi badak yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera.

Jika badak jawa ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon dengan populasi terakhir berdasarkan update KLHK sebanyak 77 individu, sebagian besar badak sumatera hidup Taman Nasional Ujung Kulon. Sedangkan badak Sumatera saat ini tersebar di TN Gunung Leuser, TN Bukit Barisan Selatan, TN Way Kambas, dan di Kutai Barat Pulau Kalimantan. Jumlahnya juga tidak lebih dari 100 ekor.

Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan satu-satunya badak Asia yang memiliki dua cula. Dan badak jawa (Rhinocheross sondaicus) terkenal memiliki cula satu dan yang memiliki cula hanya badan jantan saja. Badak betinanya hanya memiliki cula yang kecil atau tidak memiliki cula sama sekali.

Di Taman Nasional Ujung Kulon secara rutin KLHK terus memantau badak jawa (Rhinoceros sondaicus) dengan memasang camera trap. Data rekaman badak jawa sampai pertengahan tahun 2022 menunjukkan adanya satu individu anak badak dari induk bernama Siti. Anak badak ini berkelamin betina dan telah diberikan nama Merdekasari.

Merdekasari terekam pertama kali pada tanggal 20 Februari 2022.
Di usia satu bulan, rambut di tubuh badak masih lebat. Beratnya saat itu masih 42 kg. Dalam kondisi sehat, setiap hari berat badan anak badak sumatera akan bertambah sekitar 1 kg.

Berdasarkan perhitungan kumulatif KLHK, dapat disimpulkan bahwa jumlah minimum sementara badak jawa sampai saat ini adalah 77 individu. Komposisi jenis kelaminnya adalah 39 jantan dan 38 betina.

Peringatan Hari Badak Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kelestarian lima spesies badak di dunia yang salah satunya ada di Indonesia. []

You May Also Like