Tengah Dibahas dan Tunggu Penugasan, Harga BBM Jenis Ini Mau Naik?

ARASYNEWS.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui harga BBM bersubsidi jenis Pertalite bisa naik. Untuk kenaikan harganya, saat ini Pertamina masih menunggu penugasan.

Sejauh ini, dikatakan Erick Thohir, belum ada satupun penugasan yang diterima Pertamina soal kenaikan harga BBM. Menurutnya, kenaikan harga BBM atau yang dia sebut sebagai pengurangan subsidi, masih dibahas di lintas kementerian.

“Pertamina akan siap menerapkannya asal sudah jelas ada penugasannya. Tapi sejauh ini belum ada,” kata Erick Thohir kepada wartawan usai menghadiri Pidato Nota Keuangan Presiden pada Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

“Terus apakah rencananya pengurangan subsidi? Itu juga kan masih dibahas belum ada putusannya. Jadi kan dari Kemenko, Menteri ESDM, dan Menkeu. Kalau putusan ada baru ada penugasan di Pertamina,” kata Erick.

Dia menyatakan bila memang sudah ada keputusan untuk menaikkan harga BBM maka pihaknya akan menunggu penugasan.

“Jadi sampai hari ini saya sebagai menteri BUMN belum mendapatkan keputusan seperti itu, saya tunggu saja,” imbuh Erick.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengakui pemerintah sedang membahas kenaikan harga BBM jenis Pertalite. Selama ini BBM tersebut masuk ke dalam Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) yang harganya ditentukan pemerintah dan tidak dilepaskan ke pasar.

Saat ini, Arifin mengatakan pembahasan kenaikan harga Pertalite intens dilakukan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dipimpin Airlangga Hartarto.

“Lagi dibahas (kenaikan BBM Pertalite). Masih dikoordinasi di pak menteri ESDM dan pak Airlangga,” kata Arifin kepada wartawan usai Sidang Tahunan MPR. []

You May Also Like